Algoritma 2

 Buku Acuan Utama



Mengapa Belajar Algoritma dan Pemrograman?
  • Untuk menulis kode dalam bahasa yang dimengerti komputer
  • Untuk melatih logika berpikir
  • Untuk dasar matakuliah lain di Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Apakah belajar programming itu sulit?
  • Hanya butuh waktu / “jam terbang”
  • Hanya butuh semangat dan kemauan
  • Hanya butuh sering mencoba / latihan!
  • Kuncinya latihan dan diskusi!

Referensi :
  • Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Buku 1), Rinaldi Munir, Informatika Bandung
  • Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Buku2), Rinaldi Munir&Leoni Lidya, Informatika Bandung



Computer :



Bagan sistem Komputer :



Definisi Program :
  • Perwujudan atau implementasi algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu 
  • A computer program is just a collection of the instructions necessary to solve a specific problem
  • Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. 
  • Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)
  • Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan. 
Algoritma : 
  • Ketika manusia berusaha memecahkan masalah, metode atau teknik yang digunakan untuk memecahkan masalah itu ada kemungkinan bisa banyak (tidak hanya satu). 
  • Dan kita memilih mana yang terbaik diantara teknik-teknik itu. 
  • Hal ini sama juga dengan algoritma, yang memungkinkan suatu permasalahan dipecahkan dengan metode dan logika yang berlainan. 
Komunikasi Manusia dan Komputer :
  • Proses komunikasi antara manusia dengan komputer adalah sebagai berikut:
  • Manusia mendesain Algoritma 
  • Manusia menterjemahkan Algoritma tersebut ke dalam bahasa pemrograman yang dipilih sehingga menjadi sebuah program
  • Komputer  menjalankan program hasil penterjemahan algoritma menjdi bahasa pemrograman diatas
  • Komputer mengeluarkan respon kepada manusia


Algoritma Login ke Facebook :
  1. User : Masukkan user name
  2. User : Masukkan Password
  3. Sistem :Cek apakah username terdaftar?
  4. Sistem :Jika tidak terdaftar, maka sistem akan mengeluarkan peringatan adanya kesalahan. Jika terdaftar maka, selanjutnya sistem akan mengecek apakah username dan password cocok (sesuai dengan database)?
  5. Sistem :Jika Username dan password cocok maka user diperbolehkan masuk ke Facebook ybs. Jika tidak cocok maka sistem akan mengeluarkan peringatan adanya kesalahan
  6. User : Dapat mengakses halaman facebook ybs

Belajar Memprogram & Belajar Bahasa Pemrograman :


Belajar memprogram :
  • pemahaman persoalan, analisis, dan sintesis



Belajar Bahasa Pemrograman :
  • Belajar memakai suatu bahasa 
    • aturan sintaks (tata bahasa)

Bahasa Pemrograman
  • Adalah alat untuk membuat program
  • Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.
  • Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks)
  • Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
Bahasa C di tingkat dunia :

http://www.tiobe.com/index.php/content/paperinfo/tpci/index.html



Paradigma Pemrograman :
  • Pemrograman Prosedural / Terstruktur
    • Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
    • Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data.  Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
    • Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.
    • Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
    • Contoh: PASCAL dan C
  • Pemrograman Fungsional
    • Berdasarkan teori fungsi matematika
    • Fungsi merupakan dasar utama program.
  • Pemrograman Modular
    • Pemrograman ini membentuk banyak modul.
    • Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
    • Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
    • Contoh: MODULA-2 atau ADA 

Paradigma Pemrograman :
  • Pemrograman Berorientasi Obyek
    • Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
    • Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
  • Pemrograman Berorientasi Fungsi
    • Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja.  Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
    • Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
  • Pemrograman Deklaratif
    • Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
    • Contoh: PROLOG 

Siklus Hidup Perangkat Lunak (Waterfall Model) :

Dilihat dari Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian Code / implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program). 

Aksi dalam algoritma :

  • Kejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakan
    • Dari waktu 0 ke waktu N
    • Contoh: “aksi Bu Ani mengupas kentang untuk makan malam”
    • Batasan:
      • Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada?
      • Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang?
      • Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng?
    • Berarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finish
  • Kejadian bu Ani dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentang
    • Cara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universal

Proses, Instruksi, dan Aksi :
  • Algoritma merupakan deskripsi urutan pelaksanaan suatu proses
  • Algoritma tersusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis
  • Tiap langkah instruksi akan mengerjakan suatu tindakan (Aksi)
  • Bila Aksi dilaksanakan, maka sejumlah operasi yang bersesuaian akan dikerjakan oleh CPU

Struktur Dasar Algoritma :
  • Runtunan (sequence)
  • aksi-aksi dalam algoritma yang dikerjakan secara berurutan
  • contoh :
A1. Aksi 1
A2. Aksi 2
A3. Aksi 3

Struktur Dasar Algoritma(2) :
  • Pemilihan (selection)
    • aksi dikerjakan jika kondisi tertentu terpenuhi
    • contoh :

Struktur Dasar Algoritma (3) :
  • Pengulangan (repeatition)
    • aksi-aksi yang dikerjakan berulang kali
    • contoh :
      • FOR pencacah pengulangan dari a sampai b DO
Aksi
(aksi dilakukan sebanyak hitungan pencacah pengulangan, yaitu dari a sampai b--> yakni sebanyak b-a+1 kali)
      • REPEAT 
Aksi
UNTIL kondisi
(pengulangan aksi dilakukan sehingga kondisi/persyaratan berhenti terpenuhi)
      • WHILE kondisi DO
Aksi
(selama kondisi/persyaratan pengulangan masih benar, maka aksi dikerjakan)

 




Postingan populer dari blog ini

Flow Chart (2)

Soal Algoritma dan FlowChart

FlowChart