Algoritma 2
Buku Acuan Utama
Mengapa Belajar Algoritma dan Pemrograman?
- Untuk menulis kode dalam bahasa yang dimengerti komputer
- Untuk melatih logika berpikir
- Untuk dasar matakuliah lain di Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Apakah belajar programming itu sulit?
- Hanya butuh waktu / “jam terbang”
- Hanya butuh semangat dan kemauan
- Hanya butuh sering mencoba / latihan!
- Kuncinya latihan dan diskusi!
Referensi :
- Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Buku 1), Rinaldi Munir, Informatika Bandung
- Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C (Buku2), Rinaldi Munir&Leoni Lidya, Informatika Bandung
Computer :
Definisi Program :
- Perwujudan atau implementasi algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu
- A computer program is just a collection of the instructions necessary to solve a specific problem
- Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan.
- Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)
- Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
Algoritma :
- Ketika manusia berusaha memecahkan masalah, metode atau teknik yang digunakan untuk memecahkan masalah itu ada kemungkinan bisa banyak (tidak hanya satu).
- Dan kita memilih mana yang terbaik diantara teknik-teknik itu.
- Hal ini sama juga dengan algoritma, yang memungkinkan suatu permasalahan dipecahkan dengan metode dan logika yang berlainan.
Komunikasi Manusia dan Komputer :
- Proses komunikasi antara manusia dengan komputer adalah sebagai berikut:
- Manusia mendesain Algoritma
- Manusia menterjemahkan Algoritma tersebut ke dalam bahasa pemrograman yang dipilih sehingga menjadi sebuah program
- Komputer menjalankan program hasil penterjemahan algoritma menjdi bahasa pemrograman diatas
- Komputer mengeluarkan respon kepada manusia
Algoritma Login ke Facebook :
- User : Masukkan user name
- User : Masukkan Password
- Sistem :Cek apakah username terdaftar?
- Sistem :Jika tidak terdaftar, maka sistem akan mengeluarkan peringatan adanya kesalahan. Jika terdaftar maka, selanjutnya sistem akan mengecek apakah username dan password cocok (sesuai dengan database)?
- Sistem :Jika Username dan password cocok maka user diperbolehkan masuk ke Facebook ybs. Jika tidak cocok maka sistem akan mengeluarkan peringatan adanya kesalahan
- User : Dapat mengakses halaman facebook ybs
Belajar Memprogram & Belajar Bahasa Pemrograman :
Belajar memprogram :
- pemahaman persoalan, analisis, dan sintesis
Bahasa Pemrograman
- Adalah alat untuk membuat program
- Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.
- Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks)
- Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
Bahasa C di tingkat dunia :
http://www.tiobe.com/index.php/content/paperinfo/tpci/index.html
Paradigma Pemrograman :
- Pemrograman Prosedural / Terstruktur
- Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
- Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
- Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.
- Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
- Contoh: PASCAL dan C
- Pemrograman Fungsional
- Berdasarkan teori fungsi matematika
- Fungsi merupakan dasar utama program.
- Pemrograman Modular
- Pemrograman ini membentuk banyak modul.
- Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
- Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
- Contoh: MODULA-2 atau ADA
Paradigma Pemrograman :
- Pemrograman Berorientasi Obyek
- Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
- Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
- Pemrograman Berorientasi Fungsi
- Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
- Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
- Pemrograman Deklaratif
- Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
- Contoh: PROLOG
Siklus Hidup Perangkat Lunak (Waterfall Model) :
Aksi dalam algoritma :
- Kejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakan
- Dari waktu 0 ke waktu N
- Contoh: “aksi Bu Ani mengupas kentang untuk makan malam”
- Batasan:
- Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada?
- Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang?
- Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng?
- Berarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finish
- Kejadian bu Ani dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentang
- Cara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universal
Proses, Instruksi, dan Aksi :
- Algoritma merupakan deskripsi urutan pelaksanaan suatu proses
- Algoritma tersusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis
- Tiap langkah instruksi akan mengerjakan suatu tindakan (Aksi)
- Bila Aksi dilaksanakan, maka sejumlah operasi yang bersesuaian akan dikerjakan oleh CPU
Struktur Dasar Algoritma :
- Runtunan (sequence)
- aksi-aksi dalam algoritma yang dikerjakan secara berurutan
- contoh :
Aksi
(aksi dilakukan sebanyak hitungan pencacah pengulangan, yaitu dari a sampai b--> yakni sebanyak b-a+1 kali)
- REPEAT
Aksi
UNTIL kondisi
(pengulangan aksi dilakukan sehingga kondisi/persyaratan berhenti terpenuhi)
- WHILE kondisi DO
Aksi
(selama kondisi/persyaratan pengulangan masih benar, maka aksi dikerjakan)





